Skip to main content

ISIS Klaim Dalangi Teror Bom Sarinah

Foto-detik.com


Balibangol news, JAKARTA,- Bachrun Naim yang otaki serangan di Gedung Sarinah Jakarta kemarin tengah memburu jabatan sebagai pemimpin ISIS kawasan Asia Tenggara.

Kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) klaim bertanggung jawab atas teror bom dan penembakan yang menewaskan 7 orang plus 24 korban luka di kawasan seputar Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Kamis (14/1). Target serangan yang didalangi anggota ISIS ini adalah warga negara asing di Jakarta.

Klaim tersebut dikeluarkan lewat Kantor Berita Aamaaq, yang merupakan aliansi ISIS melalui saluran telegram seperti dilansir Reuters, Kamis kemarin. "Petempur ISIS melakukan serangan bersenjata pagi ini, menargetkan warga-warga asing dan petugas keamanan yang ditugaskan melindungi mereka di Ibukota Indonesia," bunyi pernyataan ISIS.

Sebelum keluarnya klaim dari ISIS tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian juga memastikan pelaku terorisme di Gedung Sarinah kemarin berhubungan dengan ISIS yang berpusat di Raqqa, Suriah. "Jaringan pelaku ini berhubungan dengan ISIS yang berpusat di Raqqa," tegas Tito dalam jumpa pers di Istana Negara  Jakarta.

Tito menjelaskan, di bawah kepemimpinan Abu Bakr Al-Bagdhadi, ISIS mengubah strategi. Perubahan strategi dimaksud adalah tidak lagi menyerang di kawasan Suriah dan Irak, namun melebar ke seluruh dunia. Menurut Tito, ISIS membuka cabang di seluruh dunia untuk melancarkan operasinya, seperti di Prancis, Turki, dan Asia Tenggara.

Untuk kawasan Asia Tenggara, lanjut Tito, sedang terjadi persaingan memperebutkan kursi pimpinan tertinggi ISIS. Salah satunya. melibatkan kelompok Bahrum Naim. Pelaku teror di Jakarta hari ini diyakini merupakan bagian dari kelompok Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo alias Bahrum Naim.

Tito bahkan tegas menyebut Bachrun Naim sebagai otak di balik serangan teror kemarin. Bachrun Naim yang pernah divonis dua tahun bui karena memiliki amunisi ilegal, disebutkan ingin membentuk Katibah Nusantara yang juga merupakan bagian dari ISIS. "ISIS Asia Tenggara ada Bachrun Naim yang ingin mendirikan Katibah Nusantara. Dia ingin dijadikan leader di kelompok ISIS Asia Tenggara," katanya.

Bachrun Naim saat ini disebutkan bersaing dengan kelompok dari Filipina Selatan yang sudah mendeklarasikan lebih dulu sebagai ISIS. Sedangkan Katibah Nusantara merupakan kaki tangan ISIS yang dikepalai oleh orang Indonesia. Menurut Tito, kelompok Katibah Nusantara juga sudah mengirimkan banyak anggotanya untuk berperang di negara-negara konflik seperti Afghanistan dan Timur Tengah.

Nama Bahrun Naim sendiri pertama kali mencuat ke permukaan ketika ditangkap Densus 88/Antiteror Polri, 9 November 2010. Saat itu, Naim ditangkap bersama sejumlah barang bukti berupa ratusan butir amunisi ilegal. Namun, dalam persidangan di PN Surakarta, Naim tidak dijerat dengan UU Terorisme. Dia 'hanya' dijerat dengan Darurat No 12/1951 tentang Kepemilikan Senjata Api dan Bahan Peledak. Putusan majelis hakim di PN Surakarta pada 9 Juni 2011 menjatuhkan vonis penjara 2 tahun 6 bulan.

Setelah bebas dari penjara, Naim kembali berkiprah bersama jaringannya. Dia kemudian diketahui bergabung dengan kelompok ISIS. Namanya sering muncul dalam pemberitaan hampir setiapkali ada WNI yang diketahui bergabung ke ISIS. Nama Naim semakin kuat disebut terkait hilangnya seorang mahasiswi semester akhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Siti Lestari, Maret 2015. Mahasiswi asal Demak, Jateng itu terakhir kali berkomunikasi dengan keluarga meminta kiriman uang Rp 3,5 juta untuk biaya perkuliahan. Namun setelah itu dia justru meninggalkan kuliah.

Sementara itu, 7 orang dipastikan tewas, selain 24 korban luka, dalam serangan teror di seputar Gedung Sarinah Jakarta, Kamis siang. Laporan kepolisian, 5 dari 7 yang tewas itu


Pelaku awalnya melakukan bom bunuh diri di Starbucks. Kemudian, ada pelaku lainnya yang menyerang pos polisi. Namun, pelaku ditembak mati oleh seorang perwira Polri bernama AKBP Dedi. "Serangan bermula dari Starbucks, kemudian meledakan diri di Starbucks. Kemudian tiga orang teroris lainnya menyerang pos polisi dan ditembak mati AKBP Dedi," jelas Luhut.

Luhut juga menyebutkan, ada 5 bom yang meledak dalam serangan di seputar Gedung Sarinah kemarin. Satu bom meledak di dalam Starbucks, satu bom lain meledak di depa Starbucks, sementara tiga bom lagi Pos Polisi Sarinah dan sekitarnya.

Selain 5 bom yang meledak, petugas menemukan 6 bom lagi yang belum meledak saat dilakukan penyisiran. "Ada enam bom, lima bom kecil sekepalan tangan," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian.

Lma bom kecil yang ditemukan itu merupakan rakitan mirip granat. Satu bom lainnya sebesar kaleng biskuit. Selain itu, dari tangan pelaku juga disita satu senjata api jenis FN rakitan. menurut Tito, pelaku teror berjumlah lima orang dan seluruhnya tewas.

Wakapolri Komjen Budi Gunawan mengatakan polisi sudah melakukan persiapan untuk mengantisipasi 'konser' ISIS di Indonesia. Menurut dia, serangan teror kemarin merupakan rencana 'konser' yang gagal dilakukan ISIS saat malam pergantian tahun 2016.

"Kami sudah membuat persiapan-persiapan, apa yang disebut dengan ‘konser bom’ yang seharusnya akan dimainkan di malam tahun baru. Tapi, karena kita bisa antisipasi, kita bisa amankan terlebih dulu, maka baru hari ini (kemarin) mereka mainkan," kata Komjen BG saat memantau lokasi serangan si depan Starbucks Sarinah, Kamis kemarin.

Menurut Komjen BG, pergerakan kelompok yang melakukan teror kemarin sudah terpantau, sehingga aksi mereka bisa segera ditangani. "Sebenarnya pergerakan kelompok ini sudah bisa dipantau dari awal. Terbukti hari ini bisa kita lumpuhkan semuanya," tandas mantan Kapolda Bali tahun 2012 ini.

Serangan bom dan tembakan di seputar Gedung Sarinah sendiri meledak Kamis siang sekitar pukul 11.55 Wita. Serangan diawali dengan ledakan bom bunuh diri seorang pelaku di area Starbucks. Hanya berselang beberapa detik, dua pelaku lain langsung melepaskan tembakan ke arah masyarakat sekitar.

"Dua pelaku ini lalu menyandera dua warga negara asing di pelataran parkir," ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan. Beberapa polisi yang berada tidak jauh dari lokasi kemudian menyergap kedua pelaku hingga terjadi baku tembak. Dua pelaku tewas akibat tertembus timah panas polisi.

Ternyata, masih ada pelaku lain. Dua laki-laki menggunakan motor tiba-tiba datang ke Pos Polisi Sarinah. Salah seorang di antara mereka meledakkan bom bunuh diri di Pos Polisi hingga tewas. Demikian pula rekannya. "Semua kejadian itu berlangsung cepat, hanya sekitar 5 menit saja," ujar Anton.

Sumber-nusabali.com

Comments

Popular posts from this blog

KENAPA PANDITA MPU TAK BOLEH MUNGGAH DI PURA DASAR BHUWANA GELGEL, INI PENJELASAN DARI IDA PANDITA MPU JAYA PREMA ANANDA

Balibangol news,-Sebelumnya di media sosial ramai diperbincangkan mengenai larangan bagi Ida Pandita yang tidak diijinkan untuk muput di Bale Pemiyosan di Pura Dasar Bhuwana Gelgel. Pada saat itu Ida Pandita tidak diijinkan oleh salah seorang pemangku di Pura itu. Kali ini penjelasan mengenai Pura Dasar Bhuwana Gelgel datang dari Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda, hal ini terlihat dari postingan di akun facebooknya yang menulis, ” RAME SOAL SULINGGIH DI PURA DASAR BHUWANA (Postingan di bawah ini sudah diunggah di FB yang normal terpecah jadi 3 postingan mengomentari sebuah video yang mempertanyakan kenapa Pandita Mpu tak boleh munggah di Pura Dasar Bhuwana. Saya jadikan satu di halaman ini, semoga ada manfaatnya. Tujuannya, mari kita tak usah ribut2 soal “ngaturang bhakti”. Kalau ada pendapat lain, silakan, maklum ini kasus sudah sangat lama, mungkin informasi ada berbeda). Pura Dasar Bhuwana awalnya sekali dibangun oleh Mpu Dwijaksara pada tahun Saka 1189 atau tahun 1267 Ma

Aling-aling, Adalah Pembatas Angkul-angkul Dan Pekarangan, Berikut Fungsinya

Aling-aling dengan patung Ganesha Balibangol news, BUDAYA, Kita sering mendengar kata Aling - Aling, namun kita tidak pernah memahami apa sebetulnya makna yang terkandung dalam pembuatannya dan bila mana kita harus membuatnya?. Aling-aling  adalah pembatas antara angkul - angkul dengan pekarangan rumah maupun tempat suci yang berfungsi sebagai penetralisir dari gangguan negatif baik secara sekala maupun niskala. Dahulu di Bali, sebuah aling - aling oleh masyarakat umum, masyarakat biasanya menggunakan kelangsah (daun kelapa kering) atau kelabang mantri sebagai sarana proteksi dari kekuatan negatif dimana sulaman atau ulat-ulatan dari daun kelapa tersebut diletakkan pada aling-aling, namun ada yang menempatkan sebagai penghias aling-aling digunakan sebuah patung yang sebagaimana disebutkan dari kutipan Bale Bengong, patung untuk mempercantik arsitektur Bali. Sebagai pembatas antara angkul - angkul dan pekarangan rumah, biasanya ada yang menggunakan patung Ganesha sebagai si

KETUPAT BALI DAN FUNGSINYA

Membuat Ketupat khas Bali Secara umum ketupat berasal dari janur dan di anyam sampai berbentuk kotak pada kali ini mari kita mengulas sedikit keunikan ketupat di Bali. Mendengar kata Ketupat pasti kalian akan mengingat pasangannya yaitu sate, satenya tu dimana? Hehehe Berbeda dengan daerah lainnya , Bali mempunyai banyak nama Ketupat seperti di antaranya :  TIPAT BEKEL - Bentuknya sama sepeti ketupat pada umumnya yaitu seperti ketupat yang sering di jumpai saat lebaran, di Bali ketupat ini biasanya di pakai pada waktu upacara pernikahan upacara odalan namun tidak mengandung arti begitu penting yah namanya aja ketupat bekel dalam bahasa nasional adalah bekal seperti ( sebungkus nasi), cara membuatnya cukup gampang dengan mengambil smbil sbuah janur kemudian diraut bagian sisinya biar tipis kemudian hilangkan lidinya biarkan masih di bagian pangkal, janur siap untuk di sulap menjadi ketupat TIPAT TALUH - Bentuknya kecil dan mungkin paling kecil di antara ketupat lainnya b