Skip to main content

Gubernur Lantik Penjabat Bupati Badung dan Bangli


Balibangol news,-Gubernur Bali Made Mangku Pastika melantik secara resmi  dua Penjabat Bupati yang berasal dari pejabat eselon dua di lingkungan Pemprov Bali untuk menduduki pos barunya di kabupaten Badung dan Bangli  sampai terpilih bupati definitif melalui Pemilukada yang akan digelar serentak Desember mendatang, Rabu (5/8).

Kedua pejabat yang dilantik pada hari yang sama namun jam yang berbeda adalah Ir Nyoman Harry Yudha Saka,MM sebagai Penjabat Bupati Badung dan I Dewa Gede Mahendra Putra,SH ,MH sebagai Penjabat Bupati Bangli. Penetapan Yudha Saka sebagai Penjabat Bupati Badung didasarkan keputusan Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia No 131.51-4620 Tahun 2015  tanggal 22 Juli 2015, sedangkan penetapan Dewa Mahendra sebagai Penjabat Bupati Bangli berdasarkan Keputusan Mentri Dalam Negeri No 131.51-4641  Tahun 2015 tanggal 23 Juli 2015.

Gubernur Pastika dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya pelantikan kedua penjabat ini dilaksanakan karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati  periode Tahun 2010-2015 di kedua kabupaten tersebut telah berakhir, sementara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah belum berlangsung. Dalam kesempatan itu Gubernur mengingatkan agar kedua penjabat tersebut dapat menjaga terjalinnya hubungan yang konstruktif dan hierarkis dengan pemprov sehingga terbangun sebuah manajemen pembangunan Daerah Bali yang terintegrasi. Sementara itu dalam memfasilitasi pelaksanaann Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati  baik di kabupaten Badung dan Bangli, Pastika berpesan agar mengoptimalkan koordinasi dan mengefektifkan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan seperti KPUD, Panwaslu dan unsur TNI/POLRI termasuk dengan pemuka masyarakat serta pemuka agama.

Orang nomor satu di Bali ini juga meminta penjabat bupati yang baru dilantik untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara melalui penegakan hukum secara tegas, sehingga aparatur dapat mengemban tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan selalu mengedepankan profesionalitas dan menjadi teladan bagi masyarakat, dan dengan demikian penyelenggaraan Pemilukada akan aman, lancar,damai dan demokratis.

Pada kesempatan yang berbahagia ini juga Gubernur menyampaikan  apresiasi dan penghargaan yang setingui tingginya kepada  Anak Agung Gde Agung ,SH  dan I Made Sudiana,SH,Msi yang telah menyelesaikan masa pengbadiannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Badung periode 2010-1015 serta penghargaan yang setingi –tingginya pula kepada I Made Gianyar,SH,MH dan Sang Nyoman Sedana Artha yang yang telah menyelesaikan masa pengbadiannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bangli periode 2010-2015, atas peran sertanya dalam mensukseskan program- program pembangunan daerah Bali, khususnya di Kabupaten Badung dan Kabupaten Bangli sesuai visi Bali Mandara.

Pada acara pelantikan yang dilaksanakan ini  dilakukan pengambilan sumpah dalam agama Hindu oleh Rohaniawan Ida Pedanda Istri Mayun Telabah  yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan, penyematan tanda jabatan, serta penandatanganan pakta integritas. Seusai upacara pelantikan, juga dilaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Kabupaten Badung yang sebelumnya dijabat Ny. Ratna Gde Agung , dan secara otomatis saat ini dijabat oleh Ny. Yudha Saka dan Ketua TP PKK Kabupaten Bangli yang sebelumnya dijabat Ny. Erik Gianyar secara otomatis dijabat oleh Ny Dewa Mahendra. Hadir dalam acara pelantikan ini Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Ny Ayu Pastika, Ny Dayu Sudikerta, Pimpinan DPRD Provinsi Bali, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Jajaran Pemerintah Kabupaten Badung dan Kabupaten Bangli serta Kepala SKPD di Lingkungan Provinsi Bali.

Comments

Popular posts from this blog

KENAPA PANDITA MPU TAK BOLEH MUNGGAH DI PURA DASAR BHUWANA GELGEL, INI PENJELASAN DARI IDA PANDITA MPU JAYA PREMA ANANDA

Balibangol news,-Sebelumnya di media sosial ramai diperbincangkan mengenai larangan bagi Ida Pandita yang tidak diijinkan untuk muput di Bale Pemiyosan di Pura Dasar Bhuwana Gelgel. Pada saat itu Ida Pandita tidak diijinkan oleh salah seorang pemangku di Pura itu. Kali ini penjelasan mengenai Pura Dasar Bhuwana Gelgel datang dari Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda, hal ini terlihat dari postingan di akun facebooknya yang menulis, ” RAME SOAL SULINGGIH DI PURA DASAR BHUWANA (Postingan di bawah ini sudah diunggah di FB yang normal terpecah jadi 3 postingan mengomentari sebuah video yang mempertanyakan kenapa Pandita Mpu tak boleh munggah di Pura Dasar Bhuwana. Saya jadikan satu di halaman ini, semoga ada manfaatnya. Tujuannya, mari kita tak usah ribut2 soal “ngaturang bhakti”. Kalau ada pendapat lain, silakan, maklum ini kasus sudah sangat lama, mungkin informasi ada berbeda). Pura Dasar Bhuwana awalnya sekali dibangun oleh Mpu Dwijaksara pada tahun Saka 1189 atau tahun 1267 Ma

Aling-aling, Adalah Pembatas Angkul-angkul Dan Pekarangan, Berikut Fungsinya

Aling-aling dengan patung Ganesha Balibangol news, BUDAYA, Kita sering mendengar kata Aling - Aling, namun kita tidak pernah memahami apa sebetulnya makna yang terkandung dalam pembuatannya dan bila mana kita harus membuatnya?. Aling-aling  adalah pembatas antara angkul - angkul dengan pekarangan rumah maupun tempat suci yang berfungsi sebagai penetralisir dari gangguan negatif baik secara sekala maupun niskala. Dahulu di Bali, sebuah aling - aling oleh masyarakat umum, masyarakat biasanya menggunakan kelangsah (daun kelapa kering) atau kelabang mantri sebagai sarana proteksi dari kekuatan negatif dimana sulaman atau ulat-ulatan dari daun kelapa tersebut diletakkan pada aling-aling, namun ada yang menempatkan sebagai penghias aling-aling digunakan sebuah patung yang sebagaimana disebutkan dari kutipan Bale Bengong, patung untuk mempercantik arsitektur Bali. Sebagai pembatas antara angkul - angkul dan pekarangan rumah, biasanya ada yang menggunakan patung Ganesha sebagai si

KETUPAT BALI DAN FUNGSINYA

Membuat Ketupat khas Bali Secara umum ketupat berasal dari janur dan di anyam sampai berbentuk kotak pada kali ini mari kita mengulas sedikit keunikan ketupat di Bali. Mendengar kata Ketupat pasti kalian akan mengingat pasangannya yaitu sate, satenya tu dimana? Hehehe Berbeda dengan daerah lainnya , Bali mempunyai banyak nama Ketupat seperti di antaranya :  TIPAT BEKEL - Bentuknya sama sepeti ketupat pada umumnya yaitu seperti ketupat yang sering di jumpai saat lebaran, di Bali ketupat ini biasanya di pakai pada waktu upacara pernikahan upacara odalan namun tidak mengandung arti begitu penting yah namanya aja ketupat bekel dalam bahasa nasional adalah bekal seperti ( sebungkus nasi), cara membuatnya cukup gampang dengan mengambil smbil sbuah janur kemudian diraut bagian sisinya biar tipis kemudian hilangkan lidinya biarkan masih di bagian pangkal, janur siap untuk di sulap menjadi ketupat TIPAT TALUH - Bentuknya kecil dan mungkin paling kecil di antara ketupat lainnya b