Skip to main content

Ketika Ali Imron Temui Keluarga Korban Bom Bali


Ali Imron bertatap muka dengan 4 anggota keluarga Bom Bali dan meminta maaf atas keterlibatannya dalam serangan itu.

(Ali Imron bertemu korban bom Bali)
Balibangol news, - Pria yang mengendarai mobil van berisi peledak dalam peristiwa Bom Bali bertemu langsung dengan sahabat dan keluarga dari sejumlah korban dari tragedi yang dilakukannya.

Ali Imron, satu-satunya pelaku bom bali yang masih hidup dan bertemu dengan Nyoman Rencini, yang kehilangan suaminya, Jan Laczynski, yang kehilangan lima orang sahabatnya dan Ni Luh Erniati yang juga kehilangan suaminya.

Sebelum bertemu dengan Imron di Penjara Jakarta, Rencini dalam acara di Stasiun TV SBS mengatakan : "Teman saya bertanya, jika Ali Imron meminta maaf kepada kamu, apakah kamu mau memaafkannya? Saya katakan, Saya tidak tahu kita lihat saja nanti."

Dalam pertemuan itu, Laczynski bertanya kepada Ali Imron : "Mengapa Anda mau mengendarai kendaraan berisi bahan peledak itu? Dan "apakah kamu bisa tidur nyenyak di malam hari?"

Dua buah bom meledak di Jalan Legian sebuah lokasi wisata populer di Kuta, Bali pada 12 Oktober 2002 dan menewaskan 202 orang.

Satu bom diledakkan di dalam paddy’s club oleh pelaku bunuh diri dan satu bom lainnya diledakkan oleh pembom bunuh diri di dalam mobil van yang di tempat parkir di luar Sari Club.

Tiga orang terpidana pelaku pemboman telah dieksekusi mati pada tahun 2008 lalu sementara yang lainnya masih menjalani masa hukuman mereka di penjara.

Imron terhindar dari hukuman mati dan sebaliknya dihukum penjara seumur hidup setelah mengaku bersalah dan menyatakan penyesalan dan bersedia bekerja sama dengan polisi. Dia sekarang menjalani program deradikalisasi dan mengubah pola pikir jihadnya.

Namun, terungkap dalam pertemuan tersebut, kalau dirinya masih menerima undangan untuk melaksanakan pemboman lagi di Bali dan bisa "menemukan bom meskipun aku ada di dalam".

"Saya tidak bersyukur dengan peristiwa bom di Bali," katanya kepada Dateline.

"Saya bersyukur bahwa saya salah satu pelaku yang menyadari kalau itu perbuatan salah dan bertobat.

"Saya telah menyatakan meminta maaf kepada semua orang, terutama korban dan keluarganya."

"Sejak itu saya tidak pernah lagi membunuh orang.. saya bukan monster.

Ketika Imron memasuki ruangan dia menawarkan diri untuk berjabat tangan, namun Laczynski menolak. Belakangan dia mengatakan :"Tidak terima kasih, saya tidak akan berjabat tangan dengan seseorang yang telah membunuh 5 orang sahabat saya dan 88 warga Australia.

Rencini, yang harus menunggu selama 2 bulan untuk mendapat konfirmasi atas kematian suaminya dan menyebabkan sekarang dia harus mengurus sendiri ketiga orang anaknya mengatakan, "orang bilang dia setengah manusia, setengah binatang".

"Beberapa teman mengatakan saya sebaiknya membawa pisau atau benda tajam dan menggunakannya pada pelaku, tapi kesadaran saya mencegah saya melakukan hal seperti itu,”

Dalam program Dateline, Imron mengatakan dia hanya mematuhi perintah pemimpinnya.

"Saya hanya menjalankan perintah dari senior saya di Jemaah Islamiyah dan kakak saya Mukhlas," kata Imron.

Menurutnya jika dia tidak menyelesaikan perintah itu maka dia akan dikeluarkan dari JI dan dianggap sebagai pengkhianat.

Setelah pertemuan itu Erniati mengatakan: "Saya tahu dia berpikir, dia mendengarkan tapi wajahnya tidak menunjukan tanda-tanda simpati sama sekali,”

Keputusan bagi korban, saudara atau teman korban untuk bertemu pelaku dari peristiwat traumatis seperti Bom Bali bukan hal yang mudan dan bisa menimbulkan dampak psikologis yang berbeda-beda.

Seringkali pertemuan tersebut ditujukan untuk berusaha memahami peristiwa traumatis tetapi dapat menimbulkan efek berbeda dan signifikan diantara individu.

Psikolog dari Universitas Queensland, Professor Justin Kenardy mengatakan dampaknya sangat banyak tergantung apakah orang tersebut sudah memiliki kapasitas dan sumber daya untuk menangani emosi yang timbul karena pertemuan tersebut atau tidak.

"Jika seseorang benar-benar tertekan dan tidak benar-benar dalam kerangka berpikir yang benar maka saya pikir ini adalah tindakan yang mungkin akan menjadi kontra-produktif," kata mereka.

"Pertemuan ini akan semakin menegaskan seluruh pikiran menakutkan dan membingungkan yang selama ini berusaha mereka atasi”.

Tapi dalam beberapa hal pertemuan ini bisa menjadi proses yang positif dan bermanfaat.

"Jika seseorang merasa didukung penuh dan relatif tahan atau berada dalam lingkungan yang dapat mendorong pemulihan trauma mereka dan mampu beradaptasi, maka pertemuan semacam ini akan menjadi sesuatu yang berguna," kata Profesor Kenardy.

dikutif dari sumber

Comments

Popular posts from this blog

KENAPA PANDITA MPU TAK BOLEH MUNGGAH DI PURA DASAR BHUWANA GELGEL, INI PENJELASAN DARI IDA PANDITA MPU JAYA PREMA ANANDA

Balibangol news,-Sebelumnya di media sosial ramai diperbincangkan mengenai larangan bagi Ida Pandita yang tidak diijinkan untuk muput di Bale Pemiyosan di Pura Dasar Bhuwana Gelgel. Pada saat itu Ida Pandita tidak diijinkan oleh salah seorang pemangku di Pura itu. Kali ini penjelasan mengenai Pura Dasar Bhuwana Gelgel datang dari Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda, hal ini terlihat dari postingan di akun facebooknya yang menulis, ” RAME SOAL SULINGGIH DI PURA DASAR BHUWANA (Postingan di bawah ini sudah diunggah di FB yang normal terpecah jadi 3 postingan mengomentari sebuah video yang mempertanyakan kenapa Pandita Mpu tak boleh munggah di Pura Dasar Bhuwana. Saya jadikan satu di halaman ini, semoga ada manfaatnya. Tujuannya, mari kita tak usah ribut2 soal “ngaturang bhakti”. Kalau ada pendapat lain, silakan, maklum ini kasus sudah sangat lama, mungkin informasi ada berbeda). Pura Dasar Bhuwana awalnya sekali dibangun oleh Mpu Dwijaksara pada tahun Saka 1189 atau tahun 1267 Ma

Aling-aling, Adalah Pembatas Angkul-angkul Dan Pekarangan, Berikut Fungsinya

Aling-aling dengan patung Ganesha Balibangol news, BUDAYA, Kita sering mendengar kata Aling - Aling, namun kita tidak pernah memahami apa sebetulnya makna yang terkandung dalam pembuatannya dan bila mana kita harus membuatnya?. Aling-aling  adalah pembatas antara angkul - angkul dengan pekarangan rumah maupun tempat suci yang berfungsi sebagai penetralisir dari gangguan negatif baik secara sekala maupun niskala. Dahulu di Bali, sebuah aling - aling oleh masyarakat umum, masyarakat biasanya menggunakan kelangsah (daun kelapa kering) atau kelabang mantri sebagai sarana proteksi dari kekuatan negatif dimana sulaman atau ulat-ulatan dari daun kelapa tersebut diletakkan pada aling-aling, namun ada yang menempatkan sebagai penghias aling-aling digunakan sebuah patung yang sebagaimana disebutkan dari kutipan Bale Bengong, patung untuk mempercantik arsitektur Bali. Sebagai pembatas antara angkul - angkul dan pekarangan rumah, biasanya ada yang menggunakan patung Ganesha sebagai si

KETUPAT BALI DAN FUNGSINYA

Membuat Ketupat khas Bali Secara umum ketupat berasal dari janur dan di anyam sampai berbentuk kotak pada kali ini mari kita mengulas sedikit keunikan ketupat di Bali. Mendengar kata Ketupat pasti kalian akan mengingat pasangannya yaitu sate, satenya tu dimana? Hehehe Berbeda dengan daerah lainnya , Bali mempunyai banyak nama Ketupat seperti di antaranya :  TIPAT BEKEL - Bentuknya sama sepeti ketupat pada umumnya yaitu seperti ketupat yang sering di jumpai saat lebaran, di Bali ketupat ini biasanya di pakai pada waktu upacara pernikahan upacara odalan namun tidak mengandung arti begitu penting yah namanya aja ketupat bekel dalam bahasa nasional adalah bekal seperti ( sebungkus nasi), cara membuatnya cukup gampang dengan mengambil smbil sbuah janur kemudian diraut bagian sisinya biar tipis kemudian hilangkan lidinya biarkan masih di bagian pangkal, janur siap untuk di sulap menjadi ketupat TIPAT TALUH - Bentuknya kecil dan mungkin paling kecil di antara ketupat lainnya b