2 February 2016

Inilah Silsilah Mahagotra Pasek Kayuselem

Balibangol news,-Pasek Kayuselem adalah nama sebuah keluarga (soroh / clan) di Pulau Bali yang dimulai sekitar tahun 1000 Masehi.  Tempat lahirnya adalah di Batur Kabupaten Bangli. Awal kehidupan keluarga ini terjadi saat pemerintahan Cri Haji Tapohulung di Samplangan.Keberadaannya konon diciptakan dari Tonggak Kayu (Pohon) Asam atau disebut Kayu Selem (Ireng). Berkat kemampuan bathin Mpu Semeru yang terpesona akan keberadaan tuwed kayu yang terbentuk menyerupai seorang manusia yang tampan, diciptakanlah seorang manusia yang kemudian diangkat menjadi anak oleh beliau Mpu Semeru yang diberi nama Kamareka.

Oleh sebab Mpu Semeru adalah seorang brahmana yang sangat sakti, beliau mengajarkan Kamareka pengetahuan suci Sanghyang Ongkara mantra sehingga beliau memiliki kemampuan menjadi seorang brahmana. Pada saatnya, Mpu Semeru mendiksa (podgala) anak angkatnya menjadi brahmana/bhujangga pada masa itu dengan gelar Mpu Bandesa Dryakah atau Mpu Kamareka.

Mpu Semeru adalah adik kandung dari Mpu Gni Jaya, dan saudara tua dari Mpu Gana, Mpu Kuturan dan Mpu Baradah. Beliau adalah lima pendeta dari Jawa Timur. Di Bali, ke lima Pendeta ini disebut sebagai Panca Tirtha.

Adapun silsilah keturunan dari Mpu Kamareka adalah sebagai berikut :

Mpu Semeru dengan kekuatan bathinnya mengadakan :

Bhujangga Mpu Bendesa Dryakah, disebut pula Bhagawan Kamareka di Tampurhyang (Batur) bertapa di GwaSong (Songan) dan didatangi Bidadari Kuning.

Dengan Bidadari Kuning Mpu Kamareka berputra :

Ki Kayu Ireng setelah dipodgala bergelar Mpu Gni Jaya Mahireng

Ni Kayu Ayu Cemeng

Mpu Gni Jaya Mahireng berputra :

Sang Mpu Kayu Ireng

Mpu Made Celagi

Mpu Nyoman Tarunyan

Mpu Kaywan Balingkang

Ni Ayu Kayu Selem

Mpu Kayu Ireng menurunkan :

Sang Hulu

Kayu Selem

Sang Wreksa Ireng

Sang Tarunyan

Ni Ayu Dani

Mpu Nyoman Tarunyan menurunkan :

Ni Ayu Taruna

Sang Tarunyan

Ni Taruni

Mpu Kaywan Balingkang menurunkan :

Sang Balingkang

Sang Blandingan

Sang Tangga

Ni Ayu Buli

Ni Ayu ireng

Ni Ayu Kinti

Ni Ayu Kaywan

Demikian seterusnya diantara sepupu saling ambil mengambil.

Sumber,-Kayuselem.net

No comments:

Post a Comment

Mecingklak, Permainan Anak SD Tahun 90an Yang Habis Dimakan Jaman

Foto mecingklak Balibangolnews,- Mecingklak merupakan sebuah permainan menggunakan batu krikil yang dilakukan oleh satu orang atau le...